Text
Strategi pengembangan kompetensi guru di SMP Labschool Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Labschool Jakarta yang bertujuan untuk mengetahui proses strategi pengembangan kompetensi guru di SMP Labschool Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan April hingga Juni 2015. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sumber data dari penelitian ini yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik, Kepala Pengembang yayasan Labschool, dan beberapa informan pendukung antara lain Staf Pengembang Labschool selaku Guru Biologi, Staf Akademik selaku Guru Fisika,dan Kordinator MPE selaku Guru IPS.Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Di SMP Labschool Jakarta dilakukan dengan tiga cara yaitu self assessment (untuk mengidentifikasi kebutuhan), pembinaan akademik, dan pembinaan non akademik. Strategi tersebut disusun pada awal tahun ajaran. Pelaksanaan self assessment (untuk mengidentifikasi kebutuhan) dilaksanakan untuk mengetahui kebutuhan guru selama satu tahun ajaran. Kemudian untuk pelaksanaan pembinaan akademik dan non akademik disusun pada penyelenggaraan lokakarya.Evaluasi strategi pengembangan kompetensi guru dilaksanakan melalui empat cara yaitu evaluasi diri, evaluasi siswa, evaluasi guru, dan evaluasi pimpinan. Evaluasi tersebut dilaksanakan sesuai dengan tujuan utama yaitu mengetahui hasil dari kegiatan pelaksanaan program pengembangan kompetesi guru sesuai dengan tujuan sekolah.
Kata kunci: Pengembangan Kompetensi Guru
Bibliografi : lembar 132-134
SS00007452 | SK 7452 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain