Text
Mental model guru terhadap pembelajaran IPA (fisika, kimia, biologi) di SMAN 3 Tambun-Selatan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai mental model guru terhadap pembelajaran IPA di SMAN 3 Tambun-Selatan.Penelitian ini dilakukan dengan teknik survey pada guru IPA disekolah tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru pembelajaran IPA yakni Fisika, Kimia, dan Biologi . Mental model guru diambil dengan menggunakan lembar kuesioner, lembar wawancara, dan lembar observasi yang terkait dengan kompetensi guru dalam membelajarkan IPA. Data penelitian yang didapat bahwa mental model guru dalam membelajarkan IPA terkait kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial tergolong masih kurang baik. Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara dan observasi dengan hasil peserta menjadi tidak aktif dalam proses pembelajaran, media yang digunakan dalam pembelajaran tidak bervariatif, efektif dan efisien akan menjadi cenderung membosankan,juga dalam hal mengelola kelas,dan penguasaan materi pembelajaran siguru tidak akan baik dan seimbang dengan kejelasan dalam penyajian materi.
Kata Kunci: Mental model, Pembelajaran IPA
Bibliografi : lembar 129-131
SS00007455 | SK 7455 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain