Text
Pengaruh media pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPS : studi eksperimen pada siswa kelas V SDN 02 Rambutan Jakarta Timur
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF
TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
SITI CHAROH
7526130468 / siticharoh@yahoo.co.id
Mahasiswa S2 Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
Jurusan Pendidikan Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh media pembelajaran dan
gaya kognitif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. penelitian ini
menggunakan treatment by level desain 2x2. Sampel penelitian diperoleh dengan
tehnik sampel acak sederhana (simple random sampling). Ukuran sampelnya adalah
31 siswa dengan masing-masing 8 orang setiap sel. Analisis data dilakukan dengan
teknik Analisis Varians Dua Jalur (ANAVA 2x2). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa pada kelompok yang diberi pembelajaran dengan
menggunakan media pembelajaran Animasi lebih tinggi daripada siswa yang diberi
pembelajaran dengan menggunakan media Video; (2) Terdapat pengaruh interaksi
antara media pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar IPS; (3)
Hasil belajar IPS antara siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent yang
dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran vidio lebih tinggi
dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent yang
dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Video; (4) Hasil belajar IPS
pada siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent yang dibelajarkan dengan
menggunakan media pembelajaran Video lebih rendah dibandingkan dengan siswa
yang memiliki gaya kognitif Field Dependent yang dibelajarkan dengan
menggunakan media Animasi. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, penulis
menyarankan agar tenaga pendidikan menerapkan media pembelajaran yang tepat
sesuai dengan gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa dengan tujuan untuk
meningkatkan hasil belajar IPS siswa.
Kata kunci: Media pembelajaran, Gaya kognitif, dan Hasil belajar IPS
Bibliografi : lembar 123-125
TM00000985 | TM 985 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain