Text
Hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar IPA siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan
HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPA
SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN SRENGSENG
SAWAH JAKARTA SELATAN
(2015)
Lucia Ambarwati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara
konsep diri dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar di
Kelurahan Srengseng Sawah Jakarta Selatan. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta
Selatan. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh
koefisien korelasi rxy= 0,585 dan dengan koefisien determinasi sebesar
32,44%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif
antara konsep diri dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar
dengan thitung (5,50) > ttabel (2,00). Hasil ini menunjukkan bahwa konsep diri
dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar
IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Oleh sebab itu, orangtua dan guru perlu
mengetahui konsep diri siswa agar dapat mengetahui kondisi psikologis
siswa dan memberikan contoh yang baik dalam penerapan konsep diri untuk
mengembangkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Kata kunci: Konsep diri, hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Bibliografi : lembar 79-80
SS00007507 | SK 7507 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain