Text
Peningkatan kemampuan menulis cerita pendek melalui pendekatan kontekstual : penelitian tindakan di SMP Kolese Kanisius Jakarta tahun ajaran 2014-2015
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI
PENDEKATAN KONTEKSTUAL
PENELITIAN TINDAKAN DI SMP KOLESE KANISIUS, JAKARTA
TAHUN AJARAN 2014-2015
JATUH PADMI
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis cerita
pendek (cerpen) siswa kelas VII SMP Kolese Kanisius Jakarta Tahun Ajaran
2014/2015 melalui pendekatan kontekstual baik proses maupun hasil belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan metode penelitian
campura (kualitatif dan kuantitatif). Penellitian ini menggunakan model
penelitian Kemmis & Taggart yang terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi dan dilaksanakan sebanyak
3 siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui tes menulis cerpen, observasi,
wawancara, jurnaling siswa, dan dokumentasi. Data kualitatf dianalisis
dengan cara menggambarkan proses penelitian tindakan dan kualitas
kemampuan siswa dalam menulis cerpen melalui pendekatan kontekstual,
sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan persentase distribusi
normal. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan
menulis cerpen melalui pendekatan kontekstual mulai dari pra tindakan,
siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 dilihat dari nilai rata-rata, kategorisasi, dan skor
rata-rata aspek penilaian cerpen.
Kata Kunci: Penelitian tindakan, pendekatan kontekstual, kemampuan menulis
cerpen
Bibliografi : lembar 271-276
TM00001018 | TM 1018 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain