Text
Pengaruh strategi POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 4 Tamsel
PENGARUH STRATEGI POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMAN 4 TAMSEL
NURLAILI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi POGIL dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kimia. Penelitian ini dilakukan sejak Januari hingga Juni 2015. Metodologi yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian “Treatment by level 2 x 2”. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 4 Tambun Selatan. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive random sampling, sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan strategi POGIL dan kelas kontrol yang menggunakan strategi diskusi informatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data hasil angket motivasi berprestasi siswa dan nilai hasil belajar Hidrolisis Garam. Pengelompokan siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah dilihat dari skor angket motivasi berprestasi. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan desain factorial 2x2. Karena terdapat interaksi dilanjutkan dengan uji Turkey’s. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar kimia yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran strategi POGIL dengan yang tidak, didapatkan nilai F0 = 4, 423 dan sig = 0,041 < 0,05. (2) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran strategi POGIL dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kimia; didapatkan nilai F0 = 3,757 dan sig = 0,059 > 0,05.
Kata kunci: POGIL, Motivasi Berprestasi, Nilai Hasil belajar.
Bibliografi : lembar 73-75
TM00001045 | TM 1045 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain