Text
Perilaku moral anak Kelas 2 Sekolah Dasar sebagai penghafal Al-Qur'an (penelitian kualitatif di Pondok Pesantren Ummu Habibah Tangerang)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan bagaimana perilaku moral anak sebagai penghafal Al-Qur’an khususnya pada anak kelas 2 Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Ummu Habibah Tangerang. Dengan subjek penelitian adalah anak kelas 2 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan mengamati dan mencari informasi kepada informan mengenai perilaku moral anak sebagai penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ummu Habibah. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku moral anak kelas 2 Sekolah Dasar sebagai penghafal Al-Qur’an adalah (1) anak menunjukan empati kepada teman dengan cara memberikan ketenangan kepada teman yang menangis, menyelesaikan masalah teman yang bertengkar dan memberikan nasihat, (2) anak merasa bersalah atas kesalahan yang dilakukan dengan cara minta maaf dan mengalah, (3) anak akan mementingkan kepentingan orang lain dengan cara membantu teman dan menyelesaikan permintaan orang lain, (4) anak melakukan pertimbangan dan penalaran dengan cara menegur teman yang bersalah, menunggu giliran, mematuhi peraturan dan menyesali kesalahan,
Kata kunci : Perilaku Moral, anak kelas 2 Sekolah Dasar, anak penghafal AlQur’an
Bibliografi : lembar 127-131
SS00007528 | SK 7528 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain