Text
Pengaruh gaya mengajar dan kelincahan terhadap hasil belajar dribbling dalam permainan sepak bola : studi eksperimen pada siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Bangun Puroa
ASBTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan
kelincahan terhadap hasil belajar dribbling dalam permainan sepak bola.
Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang yang merupakan siswa kelas VIII
SMP Negeri 3 Satu Atap Bangun Purba dengan menggunakan rancangan
penelitian treatment by level 2 x 2 dengan uji tukey pada taraf α=0,05. Hasil
penelitian menunjukan: 1) diperoleh Fh > Ft yaitu 7,88 > 4,06. Sehingga dapat
ditarik kesimpulan keseluruhan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
dribbling dalam permainan sepak bola antara gaya mengajar inklusi dan gaya
mengajar latihan. 2) Berdasarkan hasil analisis varians rangkumannya pada
taraf α=0,05 dengan demikian diperoleh Fh > Ft yaitu 5,91 > 4,06. Sehingga
dapat ditarik kesimpulan keseluruhan bahwa terdapat interaksi antara gaya
mengajar dengan kelincahan terhadap hasil belajar dribbling dalam
permainan sepak bola. 3) Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada
kelompok gaya mengajar inklusi kelincahan tinggi dan gaya mengajar latihan
kelincahan tinggi dimana Qh = 7,5 dan Qt = 2,95 dan berdasarkan hasil ini
dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar dribbling dalam permainan
sepak bola siswa dengan kelincahan tinggi yang diajar dengan menggunakan
gaya mengajar inklusi lebih baik daripada gaya mengajar latihan.
4)Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok gaya mengajar
inklusi kelincahan rendah dan gaya mengajar latihan kelincahan rendah
dimana Qh = 0,53 dan Qt = 2,95 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik
kesimpulan bahwa hasil belajar dribbling dalam permainan sepak bola siswa
dengan kelincahan rendah yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar
inklusi tidak lebih baik daripada gaya mengajar latihan.
Kata Kunci : Hasil Belajar Dribbling, Kelincahan, Gaya Mengajar.
Bibliografi : lembar 110-112
TM00001049 | TM 1049 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain