Text
Pengaruh gaya mengajar dan motor educability terhadap hasil belajar sepak sila dalam permainan sepaktakraw : studi eksperimen mahasiswa IKIP PGRI Pontianak
PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTOR EDUCABILITY
TERHADAP HASIL BELAJAR SEPAK SILA
DALAM PERMAINAN SEPAKTAKRAW
(Studi Eksperimen Pada Mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak)
Mohammad Sabransyah
Sabrian.mohammad@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari gaya
mengajar (Inklusi dan Latihan) dan Hasil Belajar Sepak Sila dalam Permainan
Sepaktakraw. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak,
penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 32
mahasiswa yang dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing terdiri dari 8
mahasiswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA)
dan selanjutynya dilanjutkan dengan Uji tukey pada tingkat signifikasi ɑ =
0,05.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) gaya mengajar inklusi
memiliki pengaruh yang lebih baik daripada gaya mengajar latihan terhadap
Hasil Belajar Sepak Sila dalam Permainan Sepaktakraw. (2) terdapat
interaksi antara gaya mengajar inklusi dan gaya mengajar latihan dan motor
educability terhadap Hasil Belajar Sepak Sila dalam Permainan Sepaktakraw.
(3) gaya mengajar inklusi memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada gaya
mengajar latihan terhadap Hasil Belajar Sepak Sila dalam Permainan
Sepaktakraw yang memiliki motor educability tinggi. (4) gaya mengajar
latihan memiliki pengaruh yang lebih baik daripada gaya mengajar inklusi
terhadap Hasil Belajar Sepak Sila dalam Permainan Sepaktakraw yang
memiliki motor educability rendah.
Kata kunci: Hasil Belajar Sepak Sila dalam Permainan Sepaktakraw, Motor
Educability, Gaya Mengajar Inklusi, Dan Gaya Mengajar Latihan Bibliografi : lembar 139-141
TM00001069 | TM 1069 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain