Text
Perbedaan gaya mengajar dan power otot lengan terhadap hasil belajar lempar cakram gaya menyamping : studi eksperimen pada siswa SMP N 1 Laguboti Kabuapten Tobasa
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM
“StudiEksperimenPada Siswa SMP Negeri 1 Laguboti”
HARDODI SIHOMBING
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kekuatan otot lengan terhadap hasil belajar lempar cakram. Di samping itu, penelitian juga bertujuan untuk mengetahui pengaruhkekuatan otot lengan terhadap kedua model pembelajaran tersebut. Model pembelajaran dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inklusi dan model pembelajaran konvergen, dan kekuatan otot lenganya itu kekuatan otot lengan tinggi dan kekuatan otot lengan rendah. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Laguboti. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan By Level 2x2 dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:(1)secara keseluruhan terdapat perbedaan antara model pembelajaran inklusi dan model pembelajaran konvergen terhadap hasil belajar lempar cakram; (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kekuatan otot lengan terhadap hasil belajar lempar cakram (3) bagi siswa yang memiliki kekuatan otot lengan tinggi, pemberian model pembelajaranin inklusi memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvergen terhadap hasil belajar lempar cakram (4) bagi siswa yang memiliki kekuatan otot lengan rendah, pemberian model pembelajaran konvergen memberikan pengaruh yang tidak lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran inklusi terhadap hasil belajar lempar cakram; dan.
Kata kunci: Gaya mengajar Inklusi dan Konvergen, Hasil Belajar Lempar Cakram
Bibliografi : lembar 105-107
TM00001082 | TM 1082 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain