Text
Hubungan keseimbangan, koordinasi mata - kaki dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menggiring bola dalam sepak bola : studi korelasi siswa putra kelas XI IPA SMA Al-Hidayah Medan
HUBUNGAN KESEIMBANGAN, KOORDINASI MATA - KAKI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING DALAM SEPAK BOLA (Studi Korelasi Siswa Putra Kelas XI IPASMA Al-Hidayah Medan)
IRDIANSYAH PUTRA
ABSTRAK Penelitian ini menggunakan metode korelasional, yang dalam pengambilan sampelnya menggunakan metode sampling jenuh (sensus). Sampel dalam penelitian ini berjumalah 20 orang. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk Motivasi belajar, agiliti tes untuk keseimbangan, tes koordinasi mata-kaki dan tes hasil belajar menggiring bola. Pengujian persyaratan analisis yaitu: (1) uji normalitas, (2) uji homogenitas dan (3) Uji Linearitas. Hasil dari penelitian yaitu (1) Terdapat hubungan yang signiifikan antara keseimbangan dengan hasil belajar menggiring bola dengan rx2y= 0.88 dan besarnya kontribusi keseimbangan dengan keterampilan menggiring bola sebesar 77.44%. (2) Terdapat hubungan yang signiifikan antara koordinasi mata-kaki dengan keterampilan menggiring bola dengan rx3y= 0.767 dan besarnya kontribusi koordiasi matakaki dengan keterampilan menggiring bola sebesar 58.83%.(3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar menggiring bola dengan rx1y= 0.736 dan kontribusi motivasi belajar dengan hasil belajar menggiring bola sebesar 54.17%. (4) Terdapat hubungan yang signiifikan antara keseimbangan,koordinasi mata-kaki dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar menggiring bola dengan rx123y= 0.89 dan besarnya kontribusi antara keseimbangan,koordinasi mata-kaki dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar menggiring bola sebesar 79.21%.
Kata kunci: keseimbangan, koordinasi matakaki, motivasi belajar dan hasil belajar menggiring bola
RELATIONSHIP BALANCE, FOOT AND EYE COORDINATION AND , LEARNING MOTIVATION WITH DRIBBLE OF FOOTBALL (The Study of Corelations on Class Student XI SMA Al-Hidayah Medan)
IRDIANSYAH PUTRA Abstrack This study aims to determine how the relationship balance, eye-foot coordination and learning motivation with the dribble. This research was carried out on club football student al hidayah medan. Respondents in this study amounted to 20 people. This study uses correlational methods, which in decision-saturated sample using sampling methods (census). The research instrument is a questionnaire for self-confidence and balance using Flexiometer. Test eye-foot coordination and dribbling skills test. Results of the study are (1) There is a significant relationship between confidence in dribbling skills with rx1y = 0736 and the contribution of confidence with dribbling skills at 54.17%. (2) There is a relationship between balance signiifikan with dribble rx2y = 0.88 and the contribution of balance with the dribble of 77.44%. (3) There signiifikan relationship between eye-foot coordination with dribbling skills with rx3y = 0767 and the contribution of eyefoot coordination with dribbling skills at 58.83%. (4) There signiifikan relationship between balance, eye-foot coordination and learning motivation with dribbling skills with rx123y = 0.89 and the contribution balance, eye-foot coordination and learning motivation with dribbling skills at 79.21%.
Keywords: balance, eye-foot coordination, learning motivation with dribbling skills
Bibliografi : lembar 101-102
TM00001088 | TM 1088 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain