Text
Upaya meningkatkan hasil belajar shooting bola basket melalui penerapan gaya mengajar inklusi : SMA Swasta Chandra Kusuma Percut Sei Tua kelas X - IPA
Abstrak
Penelitian tindakan yang dikenal dengan Istilah Action Research adalah sebuah bentuk penelitian yang ditujukan untuk menemukan pemecahan masalah yang dihadapi guru dikelas maupun dilapangan khususnya pada pembelajaran pendidikan jasmani, penelitian tindakan ini juga dapat mendorong guru dan pesera didik agar lebih kreatif dalam melakukan aktivitas belajar dan mengajar.
Proses kegiatan belajar mengajar harus dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik itu sendiri. Menerapkan gaya mengajar Inklusi adalah hal yang dapat memberi solusi dan dapat diperankan dengan mudah oleh peserta didik sesuai dengan karakterisitik (kemampuan) yang berbeda.
Penelitian tindakan yang dilaksanakan Di SMA Swasta Chandra Kusuma, sebagai sampel kelas X – IPA dengan menerapkan metode mengajar Inklusi pada pelajaran Shooting Bola Basket memberikan hasil yang positif, dapat dilihat dari hasil penelitian pada siklus I 57,89 % meningkat dari hasil belajar test awal sebelumnya 21,05 %, kemudian dilanjutkan pada siklus II di karenakan menurut peneliti belum mencapai kriteria yang diharapkan dengan nilai klasikal minimal 85 %. Hasil pada siklus II mencapai nilai persentase 89,47 % yang dapat dinyatakan hasil belajar shooting bola basket pada siswa SMA Swasta Chandra Kusuma kelas X - IPA meningkat.
Berdasarkam hasil belajar dan pembahasan dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan Gaya Mengajar Inklusi dapat memperbaiki proses pembelajaran shooting bola basket pada siswa kelas X IPA SMA Chandra Kusuma percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Gaya Mengajar Inklusi, Belajar Shooting Bola Basket
Bibliografi : lembar 95-96
TM00001106 | TM 1106 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain