Text
Pengaruh gaya mengajar dan motor educability terhadap servis bawah bolavoli mini di MIN Medan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan motor educability terhadap servis bawah bola voli mini di MIN Medan. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh motor educability terhadap kedua gaya mengajar tersebut. Gaya mengajar dalam penelitian ini adalah gaya mengajar inklusi dan mengajar komando dan motor educability tinggi serta motor educability rendah.
Penelitian dilaksanakan di MIN Medan kelas V tahun akademik 2014 – 2015 (semester genap). Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan treatment by level 2 x 2 dengan jumlah sampel 76 siswa.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Secara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan antara gaya mengajar inklusi dengan gaya mengajar komando terhadap peningkatan servis bola voli. (2) Terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan motor educability terhadap peningkatan servis bola voli. 3) Bagi siswa yang memiliki motor educability tinggi, yang diajar dengan gaya mengajar inklusi lebih baik dibanding gaya mengajar komando terhadap peningkatan servis bola voli. (4) Tidak terdapat perbedaan antara gaya mengajar inklusi dengan gaya mengajar komando bagi siswa yang memiliki motor educability rendah dalam peningkatan servis bola voli.
Kata Kunci : Gaya Mengajar, Motor Educability, Servis Bawah Bola voli Mini.
Bibliografi : lembar 116-119
TM00001108 | TM 1108 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain