Text
Pengaruh gaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar lompat jauh : studi eksperimen pada siswa SMA Negeri 15 Medan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh
gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar lompat jauh. Disamping itu, penelitian juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kedua gaya mengajar tersebut. Gaya mengajar dalam penelitian ini adalah gaya mengajar latihan dan gaya mengajar komando, dan motivasi belajar yaitu motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah.
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 15 Medan Tahun 2014/2015. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan by
level 2x2 dengan jumlah sampel sebanyak 44 orang.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) secara keseluruhan terdapat perbedaan antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar komando terhadap hasil belajar lompat jauh: (2) terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar lompat jauh (3) bagi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, pemberian gaya mengajar latihan memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan gaya mengajar komando terhadap hasil belajar lompat jauh (4)
bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, pemberian gaya
mengajar latihan memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan
dengan gaya mengajar komando terhadap hasil belajar lompat jauh.
Kata kunci : Lompat Jauh, Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar
Bibliografi : lembar 93-95
TM00001111 | TM 1111 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain