Text
Pengaruh model pembelajaran dan power otot tungkai terhadap hasil belajar lompat jauh : studi eksperimen pada siswa SMK Josua Medan
INFLUENCE MODEL OF LEARNING AND POWER OF LEARNING OUTCOMES limb muscle long jump (Experimental Study On Vocational Students Josua Medan)
ABSTRACT
This study aimed to obtain empirical facts about the differences in learning outcomes long jump squat style among students taught using cooperative learning and direct learning model. The sample in this research is class XI student of SMK AK Josua field totaling 44 people. The conclusion of this study are:
(1) There are differences in learning outcomes long jump squat style between cooperative learning and direct learning model. (2) There is interaction between learning models with limb muscle power to the learning outcomes long jump squat style. (3) Learning Outcomes long jump squat style of students with high limb muscle power taught using cooperative learning model is better than the direct learning model. (4) Learning Outcomes long jump squat style of students with lower limb muscle power taught using direct learning model swordfish better than cooperative learning model.
Keyword: Learning Results Long Jump, Learning Model, Muscle Power Limbs.
AbstraK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh fakta empiris tentang perbedaan hasil belajar gaya lompat jongkok panjang di kalangan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran langsung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI bidang SMK AK Josua yang berjumlah 44 orang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan hasil belajar gaya jongkok lompat jauh antara pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran langsung. (2) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan kekuatan otot tungkai dengan hasil belajar gaya lompat jongkok panjang. (3) Hasil Belajar gaya lompat jongkok panjang siswa dengan kekuatan otot tungkai tinggi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif lebih baik daripada model pembelajaran langsung. (4) Hasil Belajar gaya lompat jongkok panjang siswa dengan kekuatan otot tungkai bawah diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung ikan todak lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif.
Kata kunci: Hasil Belajar Lompat Jauh, Model Pembelajaran, Daya Otot Tungkai.
Bibliografi : lembar 112-114
TM00001113 | TM 1113 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain