Text
Meningkatkan hasil belajar IPA melalui cooperative learning tipe jigsaw di Kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan
Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Cooperative Learning tipe Jigsaw di Kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan
(2015)
Maria Sinta Reyaan
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V melalui Cooperative Learning tipe Jigsaw di SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setiabudi Jakarta selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pasar Manggis 01 Pagi kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 36 orang. Pembelajaran IPA berlangsung pada semester II, tahun ajaran 2014-2015 dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw, banyaknya siklus ada dua, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh saat proses pembelajaran melalui model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada siklus I hasil belajar IPA hanya 69,44 dan pada siklus II hasil belajar IPA mencapai 88,88. Hasil instrumen pemantau tindakan pada siklus I yaitu 76,92% sedangkan pada siklus II mencapai 96,15%. Dengan demikian melalui model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah hasil belajar IPA yang diperoleh semakin tinggi jika pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Jigsaw yang dapat membantu siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dan menjadi pelajar yang mandiri dan dapat bersosialisasi.
Kata Kunci: Meningkatkan hasil belajar IPA melalui cooperative learning tipe jigsaw di Kelas V SD.
Bibliografi : lembar 85-86
SS00007586 | SK 7586 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain