Text
Perbedaan gaya mengajar dan sikap pasca erupsi Gunung Sinabung terhadap kemampuan menggiring bola pada pembelajaran sepak bola : studi penelitian eksperimen pada siswa SMP Negeri 1 Simpang Empat Kabuapten Karo Sumatera Utara pasca erupsi Gunung Sinabung 2015
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan gaya mengajar dan sikap pasca erupsi gunung sinabung terhadap kemampuan siswa menggiring bola.
Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang yang merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Simpang Empat dengan menggunakan rancangan penelitian treatment by level 2 x 2. Data dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan (1) secara umum, terdapat perbedaan antara gaya mengajar penugasan dan gaya mengajar latihan terhadap keterampilan menggiring bola dalam materi sepak bola (Fo 5,51 > 3,24 Ft), dan gaya mengajar penugasan memberikan hasil belajar menggiring bola yang lebih baik daripada gaya mengajar latihan, (2) terdapat interaksi antara gaya mengajar dan sikap terhadap terhadap keterampilan menggiring bola dalam materi sepak bola (Fo 3,53 > 3,24 Ft), (3) pada siswa dengan sikap belajar tinggi, gaya mengajar latihan memberikan hasil belajar menggiring bola yang lebih baik daripada gaya mengajar penugasan (Qo 0.29 > 2,365 Qt), dan (4) pada siswa dengan sikap belajar rendah, gaya mengajar penugasan memberikan hasil belajar menggiring bola yang lebih baik daripada gaya mengajar latihan (Qo 0,44 > 3,365 Qt).
Kata kunci : hasil belajar menggiring bola, gaya mengajar, dan sikap belajar.
Bibliografi : lembar 82-83
TM00001141 | TM 1141 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain