Text
Peningkatan hasil belajar tolak peluru melalui media alat bantu : studi action research pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gebang Langkat Medan
PEMBELAJARAN TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS VIII SMP (SMP Negeri 2 Gebang Langkat Medan)
LEARNING OF SHOT-PUT FOR ELEMENTARY SCHOOL
RIZKEI KURNIAWAN
ABSTRACT
The general objective of this research is to improve the students learning outcomes through the learning of Shot-Put by using Somatis Approach. In addition, this research is conducted to obtain in-depth information about the application of Shot-Put by using Somatis Approach. The design of this study is Action Research. The subjects in this study are 25 students of the eight grade at SMP Negeri 2 Gebang.
This study is conducted in two sessions of two cycles. Each cycle consists of three sessisons. The first cycle shows that through the action the students can motivate themselves. From this cycle the result is 68% and it means completed. In the second cycle as the reflection of first cycle also shows that the action motivated the students. The result of the second cycle is 88% and it means completed.
Based on the results of this study it can be concluded that: (1) Learning Shot-Put by using Somatis Approach increases the students learning outcomes, (2) Learning Shot-Put by using Somatis Approach motivates the students and make the students active in participating the learning process.
Keywords: Improving Learning Outcomes, Shot-Put, Somatis Approach.
PEMBELAJARAN TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS VIII SMP (SMP Negeri 2 Gebang Langkat Medan)
LEARNING OF SHOT-PUT FOR ELEMENTARY SCHOOL
RIZKEI KURNIAWAN
ABSTRAK
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan siswa hasil melalui penerapan Pembelajaran Tolak peluru dengan menggunakan Pendekatan Somatis. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mendalam tentang penerapan Pembelajaran Tolak peluru dengan menggunakan Pendekatan Somatis. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah 25 siswa dari kelas Delapan di SMP Negeri 2 Gebang.
Penelitian ini dilakukan dua pertemuan dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga sesi. Siklus pertama menunjukkan bahwa melalui tindakan siswa dapat memotivasi diri. Dari siklus ini hasilnya adalah 68% dan itu berarti selesai. Pada siklus kedua sebagai refleksi dari siklus pertama juga menunjukkan bahwa tindakan memotivasi siswa. Hasil dari siklus kedua adalah 88% dan itu berarti selesai.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran Tolak Peluru dengan menggunakan Pendekatan Somatis meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Pembelajaran Tolak Peluru dengan menggunakan Pendekatan Somatis memotivasi siswa dan membuat siswa aktif dalam berpartisipasi dalam proses pembelajaran .
Kata kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, Tolak Peluru, Pendekatan Somatis
Bibliografi : lembar 109-110
TM00001147 | TM 1147 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain