Text
Peningkatan kemampuan wawancara melalui teknik SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) pada siswa Kelas V SDN Penjaringan 01 Pagi Jakarta Utara
PENINGKATAN KEMAMPUAN WAWANCARA MELALUI TEKNIK SAVI (SOMATIS,AUDITORI,VISUAL,INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS V SDN PENJARINGAN 01 PAGI JAKARTA UTARA
(PENELITIAN TINDAKAN KELAS)
MERRY MADILLIA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan wawancara melalui teknik SAVI (somatis,Auditori,Visual,intelektual). Teknik ini merupakan salah satu cara dalam memecahkan masalah yang selama ini dialami dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya kemampuan wawancara SDN Penjaringan 01 Pagi Jakarta Utara yaitu rendahnya kemampuan wawancara . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Penjaringan 01 Pagi yang berjumlah 30 siswa. Sementara itu, objek penelitian dalam penelitian ini adalah kemampuan wawancara siswa tentang manfaat air. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTagart. Data diperoleh dengan teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan unjuk kerja. Selanjutnya, data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran yang menggunakan teknik SAVI pada pembelajaran tematik membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna karena siswa menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri. Kemampuan wawancara melalui teknik SAVI (somatis,Auditori,Visual,Intelektual mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik, yaitu pada aspek ketepatan pertanyaan,vokal dan tata bahasa,intonasi dan mimik muka,menyimak,sikap saat melakukan wawancara dan kelancaran mengajukan pertanyaan maupun memberikan tanggapan. Peningkatan proses pembelajaran terjadi secara bertahap dari prasiklus, siklus I dan siklus II. (2) Pada prasiklus ketuntasan siswa dalam wawancara hanya 50 % dari seluruh siswa, selanjutnya pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 66,7%, dan pada siklus II ketuntasan kembali meningkat menjadi 86,7%. Dengan demikian, penggunaan teknik SAVI (Somatis,Auditori,Visual,intelektual) dapat meningkatkan kemampuan wawancara pada siswa kelas V SDN Penjaringan 01 Pagi . Peningkatan kemampuan wawancara akan mempermudah siswa dalam mencari informasi maupun pengetahuan
Kata kunci: Wawancara,Teknik SAVI (Somatis,Auditori,Visual,Intelektual), kelas VBibliografi : lembar 191-192
TM00001150 | TM 1150 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain