Text
Peningkatan kemampuan matematika permulaan melalui pemanfaatan media lingkungan sekitar : penelitian tindakan di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Kota Bengkulu, 2015
PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI
PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR
(Penelitian Tindakan Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak
Tunas Harapan Kota Bengkulu, 2015)
KURNIA DEWI
PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta
Jl. Rawamangun Muka Jakarta. Jakarta Timur. Email:
niasalovey@yahoo.com
Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan matematika permulaan
terfokus pada matetamtika permulaan anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan
Bengkulu. penelitian ini adalah penelitian tindakan yang menggunakan model Kemmis dan Taggart
yang dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B
Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Bengkulu yang berjumlah 17 orang anak yang terdiri 9 orang
anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Adapun langkah-langkah metode penelitian tindakan
dengan model Kemmis dan Taggart yaitu meliputi: (1) Perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan
(4) refleksi. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisa data
secara kuantitatif dan kualitatif. Analisa data kualitatif menggunakan model analisa oleh Miles dan
Hubberman. Sebelum melakukan penelitian tindakan,terlebih dahulu diadakan penelitian pra tindakan
untuk mengetahui hasil persentase awal kemampuan berhitung permulaan anak. Sehingga dapat
diketahui berapa peningkatan kemampuan berhitung permulaan sebelum dilakukannya tindakan dan
setelah dilakukan tindakan baik pada siklus 1 maupun pada siklus 2. Kemampuan matematika
permulaan anak dapat meningkat setelah dilakukan tindakan melalui kegiatan yang memanfaatkan
media lingkungan sekitar. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menyebutkan bahwa rerata
kelas pada pra tindakan adalah sebesar 45,93% setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 rerata kelas
meningkat menjadi 59,71% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 90,59%. Hasil penelitian tersebut
menunjukan bahwa dengan kegiatan yang memanfaatkan media lingkungan sekitar dapat
meningkatkan kemampuan matematika permulaan anak terbukti dengan hasil tindakan yang dilakukan
telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar 81%. Implikasi dari penelitian ini adalah
pembelajaran pada anak usia dini dapat dilakukan dengan menggunakan media yang ada di lingkungan
sekitar anak dengan kegiatan yang asik dan menyenangkan dan sesuai dengan tahapan perkembangan
anak.
Kata kunci : Kemampuan Matematika Permulaan, Media Lingkungan Sekitar, Dan Penelitian
Tindakan
Bibliografi : lembar 264-268
TM00001210 | TM 1210 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain