Text
Peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks cerita melalui pendekatan quantum teaching : Penelitian tindakan kelas pada peserta didik Kelas III SDN Kedung Jaya 02 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi
ABSTRACT
This research aims to investigate the application of Quantum Teaching approach, to increase students’ reading comprehension ability.This research was conducted at SDN Kedung Jaya 02 Bekasi , with 32 students as subject of the research. This is an action research using Kemmis and McTaggart’s model in two cycles. Each consists of planning, acting, observing and reflecting. The data was collected with reading comprehension ability test, and with non test document, such as sheet of observation to the teacher and student activities, interview, transcripts of activity and document analysis, applied for Quantum Teaching approach.The result shows the increase of students’ reading comprehension ability, by means of Quantum Teaching approach. It was proved with the increase of students’ grade from 62% in the first cycle to 80.33% in the second cycle. The activity of teacher and student using Quantum Teaching approach achieves mastery learning (100%) at the end of the cycle.The implication of the research indicates that employing Quantum Teaching approach can make students’ more activ, not forced or distressed as learning and to foster emotions and positive energy.
Key words: Quantum Teaching approach, reading comprehension ability, and action research.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS III MELALUI
PENDEKATAN QUANTUM TEACHING
PenelitianTindakanKelas di SDN Kedung Jaya 02 Bekasi
(2015)
SRI SUMARNINGSIH
RINGKASAN
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks cerita melalui pendekatan Quantum Teaching.Penelitian dilaksanakan di SDN Kedung Jaya 02, dengan subjek penelitian peserta didik kelas III yang berjumlah 32 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, yang dilakukan selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan.Proses pengumpulan data melalui tes kemampuan membaca pemahaman teks cerita, dan non tes berupa hasil observasi pelaksanaan pendekatan Quantum Teaching, dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, wawancara, catatan lapangan dan hasil dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks cerita, dengan menggunakan pendekatan Quantum Teaching. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata indikator kemampuan membaca pemahaman teks cerita pada siklus I yaitu 62% untuk semua indikator, meningkat pada siklus II mencapai 80.33% rata-rata indikator kemampuan membaca pemahaman teks cerita. Aktivitas guru dan peserta didik sesuai langkah-langkah pendekatan ini mencapai 100% (mastery learning) pada akhir siklus II.Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan pendekatan Quantum Teaching, membuat peserta didik lebih aktif, tidak terpaksa/ tertekan saat belajar serta dapat menumbuhkan emosi dan energi positif.
Kata kunci: Pendekatan Quantum Teaching, kemampuan membaca pemahaman, penelitian tindakan.
Bibliografi : lembar 146-152
TM00001153 | TM 1153 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain