Text
Pengembangan multimedia interaktif pada materi sistem organ mahkluk hidup untuk siswa Kelas V di SD Negeri 42 Palembang
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PELAJARAN IPA
SISWA KELAS V DI SD NEGERI 42 PALEMBANG
SYLVIA LARA SYAFLIN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Multimedia Interaktif
pada mata pelajran IPA yang valid, praktis dan memiliki efek potensial
terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 42 Palembang.
Prosedur penelitian menggunakan model Rowntree yang memiliki tiga
tahap, yaitu: perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Evaluasi yang
digunakan adalah evaluasi formatif Tessmer. Hasil penelitian dari validasi
aspek materi, media, dan desain pembelajaran menunjukkan bahwa
multimedia interaktif ini valid. Pada tahap uji one-to-one, siswa yang
dijadikan subjek penelitian memberikan respon sangat baik terhadap
multimedia interaktif yang digunakan. Pada tahap uji coba small group
dengan kategori praktis. Pada tahap field test dengan skor 79,22 dalam
kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
multimedia interaktif yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti
valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Kata Kunci : Multimedia Interaktif, IPA, Penelitian dan Pengembangan.
Bibliografi : lembar 122-125
TM00001159 | TM 1159 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain