Text
Evaluasi program pelatihan pendidikan holistik berbasis karakter : evaluasi program pada guru TK di IHF 2015
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Program pelatihan pendidikan karakter pada guru TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Model yang digunakan adalah model The Four Level merupakan evaluasi program dengan menggunakan model kikpatrick yang terdiri dari (Reaction, Learning, Behavior and Result). P enelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yakni Januari hingga Februari tahun 2015.Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan studi dokumen.Sumber data terdiri dari kepala SDM, peserta pelatihan, teman sejawat, kepala sekolah, dan dokumen-dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada level reaksi peserta terhadap sarana pendukung dan rekrutmen, seluruh kriteria keberhasilan memenuhi indikator (2) Pada level pembelajaran, dalam katagori baik, hasil post tes peserta meningkat sangat tinggi dan seluruh peserta mengalami peningkatan kompetensi dan dapat mempraktekkan pembelajaran (3) Pada level perilaku, seluruh indikator terpenuhi, pengetahuan peserta mengalami peningkatan dalam kualitas perencanaa, proses berlajar dan evaluasi pembelajaran, sikap peserta menjadi lebih efektif dalam berkomunikasi dengan karakter, dan keterampilan pesrta meningkat dalam menari, bercerita dan olah tubuh (4) Pada level hasil, dampak pelayanan pendidikan mendapat peningkatan yang sesuai dengan kriteria ideal, seperti perubahan karakter guru, terjalin komunikasi dengan pihak internal dan eksternal dalam menunjang pembelajaran dan perubahan karakter anak menjadi lebih baik.
Kata kunci : Efektifitas, Program Pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter, Guru TK
264-273
TM00001222 | TM 1222 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain