Text
Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menganyam : penelitian tindakan di kelompok B TK Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, tahun 2015
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI
KEGIATAN MENGANYAM
Penelitian Tindakan kelas di TK Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru
Kelompok B Jalan. Sisingamangaraja Masjid Agung Kelurahan Selong
Kecamatan Kebayoran baru Jakarta Selatan
Tahun 2015
IMPROVEMENT FINE MOTOR SKILLS THROUGH PLAIT ACTIVITIES AN
ACTION RESEARCH IN EDUCATION FOUNDATION OF ISLAM
KINDERGARTEN AL AZHAR 1 GROUP B IN EAST JAKARTA SELATAN
ESIH NURJANAH
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan
kegiatan menganyam dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak
kelompok B di TK Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru dan mengetahui sejauh mana
hasil peningkatan kemampuan Motorik Halus anak melalui kegiatan menganyam di
kelompok B TK Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru .Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang mengacu pada model
PenelitianTindakan Kelas dari Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap
yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua
siklus, masing-masing siklus terdiri dari 8 kali pertemuan/ tindakan. Analisis data
menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik
deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus
kedua. Sedangkan analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil
catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah
reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan Motorik Halus melalui kegiatan menganyam, dapat
dibuktikan rata-rata skor motorik halus pra tindakan anak sebesar 9.1%. Kemudian
mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 13.6% sehingga menjadi 4%.
Selanjutnya dari siklus I ke siklus II motorik Halus anak mengalami peningkatan
sebesar 68% dari 13.6% menjadi 81.18 %. Sehingga total peningkatan kemampuan
Motorik Halus anak mulai dari pra tindakan, siklus I sampai siklus II 72% yaitu 9.1 %
menjadi 81.18%.
Kata kunci: motorik halus,menganyam.penelitian tindakan.
Bibliografi : lembar 215-218
TM00001229 | TM 1229 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain