Text
Design research pengembangan pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia untuk membangun pemahaman relasional siswa pada materi logaritma di kelas X AP SMK Prudent School Tangerang
Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia
untuk Membangun Pemahaman Relasional Siswa pada Materi Logaritma
di Kelas X AP SMK Prudent School Tangerang
MARRENDY OKTARIA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas instruksional
pembelajaran pada pokok bahasan logaritma dengan menggunakan konteks
masalah berdasarkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.
Penelitian dilaksanakan di kelas X AP SMK Prudent School Tangerang. Metode
yang digunakan adalah design research yang terdiri dari tiga fase yaitu, persiapan
dan desain, eksperimen mengajar, dan analisis retrospektif. Penelitian ini
mengembangkan pembelajaran logaritma dengan menunjukan aktivitas dan
prosedur serta strategi siswa dalam membangun konsep logaritma menggunakan
konteks seperti pertumbuhan populasi Amoeba dan Planaria. Selama aktivitas
pembelajaran dilakukan pengumpulan data menggunakan hasil wawancara, catatan
lapangan, rekaman video, foto dan lembar aktivitas. Semua data dikumpulkan dan
dianalisis dalam analisis retrospektif. Berdasarkan hasil analisis retrospektif,
konteks yang digunakan dapat mengembangkan pemahaman siswa mengenai
logaritma. Namun dalam membangun konsep sifat operasi logaritma muncul jarak
(gap) antara siswa berkemampuan rendah dan tinggi sehingga dibutuhkan
perbaikan pada lintasan belajar. Secara keseluruhan dengan penggunaan konteks
yang tepat dan peran aktif siswa juga guru dalam pembelajaran sesuai dengan
karakteristik PMRI dapat membimbing siswa dalam mengembangkan pemahaman
dan strategi dalam membangun konsep logaritma.
Kata Kunci: Design Research, Logaritma, PMRI.
Bibliografi : lembar 211-213
TM00001273 | TM 1273 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain