Text
Pengembangan bahan ajar larutan berprespektif lingkungan dan berbasis inkuiri terbimbing
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LARUTAN BERPERSPEKTIF
LINGKUNGAN DAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING
MUTIA PERMANA SARI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang
berperspektif lingkungan dan berbasis inkuiri terbimbing pada materi
kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIA. Penelitian dilaksanakan pada
Desember 2014-Juni 2015. Metodologi yang digunakan dalam penelitian
adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan
mengikuti tiga tahap utama dalam Research and Development meliputi
tahapan analisis kebutuhan, tahap pengembangan, tahap evaluasi bahan
ajar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner.
Berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh informasi bahwa guru dan siswa
membutuhkan adanya bahan ajar yang digunakan bagi siswa secara mandiri
dan mendukung pembelajaran di kelas. Pada tahap pengembangan
dilakukan dengan merancang bahan pembelajaran. Bahan ajar yang telah
dirancang diuji coba kepada ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media serta
siswa dalam kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil yang diperoleh pada
penelitian ini adalah bahan ajar kelarutan yang berperspektif lingkungan dan
berbasis inkuri terbimbing telah layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: penelitian dan pengembangan, bahan ajar, berprespektif
lingkungan, inkuiri terbimbing.
Bibliografi : lembar 68-70
TM00001276 | TM 1276 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain