Text
Boosters as interactional metadiscourse in students' skripsi
Abstrak
Sebagai metadiscourse,boosters telah menjadi pilihan berpengaruh terhadap penulisan akademik yang komunikatif dan persuasif. Penelitian berikut bertujuan untuk mengetahui bagaimana boosters digunakan dalam skripsi di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris untuk membangun tulisan yang persuasif dan untuk mengetahui boosters yang dipakai dan booster yang mendominasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Penulis mengambil 25 skripsi sebagai data: 13 dariprodi pendidikandan 12 dari prodi sastra yang diterbitkanpada 2014 lalu. Taksonomi Hyland yang telah dimodifikasi oleh Kondowe digunakan oleh penulis untuk mengidentifikasi dan menggolongkan boosters yang ditemukan. Dari data yang telahdiperoleh, mereka telah menerapkan kelima tipe boosters pada skripsinya, namun,masih belum memandang boosters sebagai hal penting. Itu dibuktikan dengan hanya ditemukannya 460 boosters dari 43.461 atau 10,6 boosters per 1.000 kata dari bagian Pendahuluan dan Kesimpulan dengan 179 kata sifat, 110 kata kerja, 95 kata bantu. 40 kata sifat dan 36 kata fitur kebersamaan.
Kata Kunci: Boosters, MetadiskursInteraksional, Metadiscourse.
ABSTRACT
As interactional metadiscourse devices, boosters has becomethe significant communicative and persuasive resource in academic writing. This study was aimed to: find out how the boosters used in English Department skripsito build a communicative writing, what boosters are used and the what booster is dominant. This study used qualitative method and the writer chose content analysis since dealing with documents. The writer took 25 students’ skripsi: 13 from ELESP and 12 from ELLSP published in 2014 in order to keep up with the most up-to-date skripsi. Hyland’s taxonomy of boosters which had been modified by Kondowe into several types was chosen to identify and classify the boosters used. From the data collected, it is resulted that students’ have applied five types of boosters in their skripsi. However,they did not see the boosters as prior linguistic devices. It can be seen from only 460 boosters which were found over 43.461 words total from both Introduction and Conclusion sections and 179 adverbials, 110lexical verbs 95 modal verbs,40 adjectives and 36 solidarity features.
Keywords: Boosters, Interactional Metadiscouse, Metadiscourse.
Bibliografi : lembar 57-60
SS00007618 | SK 7618 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain