Text
Pengembangan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru kimia menggunakan Content Representation (CoRe) Reportoires (Pap_eRs) framework pada pembelajaran reaksi redoks dan elektrokimia
Pengembangan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Kimia Menggunakan Content Representation (CoRe) Framework dan Pedagogical and Professional-experience Repertoires (PaP-eRs) Framework Pada Pembelajaran Reaksi Redoks dan Elektrokimia.
DINNY INDRYANI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru kimia menggunakan Content Representation (CoRe) framework dan Pedagogical and Professional-experience Repertoires (PaP-eRs) Framework Pada Pembelajaran Reaksi Redoks dan Elektrokimia. Guru dalam pemebelajaran di kelas masih belum mempunyai pengalaman melakukan pembelajaran redoks dan elektrokimia untuk itu diperlukan informasi dari guru berpengalaman berupa Content Representation (CoRe) framework yaitu berisi konten penting apa saja yang terdapat pada materi redoks dan elektrokimia dan berupa Pedagogical and Professional-experience Repertoires (PaP-eRs) Framework untuk mendapatkan masukan dari siswa, guru berpengalaman, dan juga refleksi diri guru untuk meningkatkan PCK guru.
Guru diharapkan memiliki gambaran pada saat melakukan pembelajaran dikelas menggunakan CoRe framework kemudian dengan Pedagogical and Professional-experience Repertoires (PaP-eRs) Framework melakukan perbaikan dari setiap penbelajaran yang dilakukan. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Tangerang Selatan pada bulan Oktober 2014 sampai April 2015. Metodologi yang digunakan adalah interpretive research dengan menggunakan paradigma penelitian interpretivism paradigm yaitu informasi mendalam berdasarkan sudut pandang subjek yang menjalani pengalaman kehidupan tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran pada materi redoks dan elektrokimia memerlukan review materi asam-basa dan konsep-konsep redoks, berbagai jenis reaksi elektrolisis (lelehan, larutan dengan elektrode inert, larutan dengan elektrode bereaksi), kolaborasi dengan guru berpengalaman memiliki banyak sekali manfaat seperti mendapatkan masukan, saran yang sangat membantu peneliti untuk mengembangkan PCK karena peneliti mendapatkan banyak sekali informasi tidak hanya berkaitan dengan materi namun juga metode, strategi, kesulitan dalam mengajar suatu topik serta memahami karakteristik siswa.
Kata kunci : Pedagodical Content Knowledge, Content Representation, Pedagogical and Professional-experience Repertoires (PaP-eRs), Reaksi Redoks, dan Elektrokimia
Bibliografi : lembar 112-113
TM00001284 | TM 1284 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2014.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain