Text
Analisis penggunaan peta konsep dalam pembelajaran kimia : sebuah kajian meta analisis
ANALISIS PENGGUNAAN PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
(Sebuah Kajian Meta Analisis)
IIM ROCHIMAH
ABSTRAK
Penelitian Meta-Analisis dilakukan pada penggunaan peta konsep pembelajaran kimia untuk analisis penelitian yang memiliki desain penelitian eksperimental dengan sistematik review. Hasil pencarian data diperoleh 21 hasil penelitian yang sesuai dengan kriteria, yang melibatkan 4125 peserta. Materi kimia yang dijadikan penelitian adalah Konsep Mol, Hidrokarbon, Stoikiometri, Materi, Termodinamika, Elektrokimia, Reaksi Kimia, Struktur Atom, Kesetimbangan Kimia , Suhu, Temperatur, Konfigurasi Elektron, Konsep Kimia Lingkungan dan Obital. Hasil yang diperoleh menunjukkan pengaruh penggunaan peta konsep sangat besar dalam pembelajaran kimia, walaupun menunjukkan harga effect size yang bervariasi dari harga yang kecil hingga yang sangat besar .
Peta konsep memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil pembelajaran untuk materi eksperimen kimia organik dan anorganik, konsep mol, asam, basa, garam, struktur atom, sifat periodik, tabel periodik unsur, kimia organik, kimia karbon, air, partikel materi, campuran, perubahan fisika dan kimia, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, suhu dan kalor, analisis volumetrik, konsep kimia lingkungan, dan pengaruh yang sedang pada pembelajaran kimia untuk materi gas, elektrokimia dan hukum termodinamik ke-dua. Namun memberi pengaruh kecil pada pembelajaran kimia untuk materi orbital dan konfigurasi elektron.
Kata Kunci : Peta Konsep, Meta-analisis, Effect-size
Bibliografi : lembar 65-70
TM00001285 | TM 1285 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain