Text
Pengaruh gaya berpikir dan belief matematika terhadap kemampuan komunikasi matematika guru Sekolah Dasar (SD) : survei di UPBJJ-UT Jakarta
PENGARUH GAYA BERPIKIR DAN BELIEF MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR (SD)
(Survei di UPBJJ-UT Jakarta)
ALIFA SABRINA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh positif gaya berpikir danbelief matematika secara bersama-sama terhadap kemampuan komunikasi matematika guru Sekolah Dasar (SD), pengaruh positif gaya berpikir terhadap kemampuan komunikasi matematika,jika pengaruh (linier) belief matematika gurutelah diperhitungkan, pengaruh positifbelief matematika terhadap kemampuan komunikasi matematika,jika pengaruh (linier) gaya berpikir guru telahdiperhitungkan.Penelitian ini dilaksanakan pada guru Sekolah Dasar yang merupakan mahasiswa di UPBJJ_UT Jakarta. Sampel diambil secara acak (simple random sampling) dengan total sampel sebanyak 60 sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Instrumen yang digunakan sebanyak 3 instrumen yaitu, instrumen kemampuan komunikasi matematika yang berbentuk tes, instrumen gaya berpikir dan instrumenbelief matematika yang berbentuk angket.Hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruhpositif gaya berpikir dan belief matematika secara bersama-sama terhadap kemampuan komunikasi matematika guru Sekolah Dasar (SD). pengaruh positif gaya berpikir terhadap kemampuan komunikasi matematika, jika pengaruh (linier) belief matematika guru telah diperhitungkan, dan juga terdapat pengaruh positif belief matematika terhadap kemampuan komunikasi matematika, jika pengaruh (linier) gaya berpikir guru telah diperhitungkan.
Kata Kunci: gaya berpikir, belief matematika, kemampuan komunikasi matematika.
Bibliografi : lembar 71-73
TM00001286 | TM 1286 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain