Text
Peran self efficacy dalam mengembangkan kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) calon guru kimia
PERAN SELF EFFICACY DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU KIMIA
EDITH ALLANAS
abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dan peran Self Efficacy calon guru kimia pada materi Stoikiometri, Kecepatan Reaksi, Kesetimbangan, Dan Larutan Asam Basa. Pada penelitian kualitatif, yang dilakukan pada 11 mahasiswa pendidikan kimia FMIPA UNJ semester genap tahun akademik 2014/2015 yang sedang mengikuti matakuliah Pembinaan Kompetensi Mengajar (PKM).
Data dikumpulkan melalui kuesioner CTEBI, penilaian pemahaman konsep, rubrik penilaian PCK, wawancara, observasi kelas, refleksi jurnal. Analisis data menunjukkan bahwa pengalaman individu, pemahaman konsep, dan faktor psikologi dan emosional menjadi bagian dari dimensi self efficacy dalam perkembangan kemampuan PCK calon guru selama praktek mengajar atau microteaching. Selama praktek mengajar kemampuan PCK calon guru meningkat secara signifikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy berperan dalam pengembangan kemampuan PCK. Faktor self efficacy yang mempengaruhi kepercayaan diri yaitu pengalaman calon guru mengajar, pemahaman konsep, dan keadaan psikologis dan emosional calon guru. Tujuh dari sebelas calon guru kimia menunjukkan perkembangan kemampuan PCK yang dilihat dari pemahaman Content Knowledge (CK) dan Pedagogical Knowledge (PK).
Kata kunci: Self efficacy, Pedagogical Content Knowledge.
Bibliografi : lembar 75-77
TM00001297 | TM 1297 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain