Text
Karakter anak dalam bermain kooperatif : studi fenomenologis di Kelompok B TK Islam Al-Azhar 6, tahun 2015
Kata Kunci: Pendidikan, Bermain dan Permainan, Karakter
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mencermati mendeskripsikan tentang proses bermain kooperatif dan pola terbentuknya karakter pada anak usia dini di TK Islam Al- Azhar 6 Sentra Primer Jakarta Timur. Adapun hal yang teramati : (1) Karakteristik sekolah (2) Kurikulum (3) Proses Belajar Mengajar (4) Pengembangan Karakter di Sekolah (5) Konsep dan Aplikasi Bermain kooperatif yang dilakukan di TK Al-Azhar 6 Sentra Primer Jakarta timur (6)Karakter disiplin, toleransi, percaya diri. kerja sama dan kepemimpinan terbentuk pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Azhar 6 Sentra Primer Jakarta timur. Subjek Penelitian adalah anak usia 5-6 tahun yang berada di kelas B yang berjumlah 22 anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Analisis data yang digunakan yaitu model Spradley. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pengembangan karakter di TK Al-Azhar dilakukan secara integrative dari Visi, Misi dan Tujuan sekolah. Turun ke Kurikulum KP2M yang menjadi acuan di TK Al-Azhar yang telah mengintegrasikan konsep karakter lewat pengembangan akhlakul karimah. (2) Pengembangan nilai-nilai karakter dilakukan dengan konsep bermain, (3) Karakter disiplin, toleransi, percaya diri. kerja sama dan kepemimpinan dibentuk lewat pembiasaan, motivasi dan permainan yang bermakna. Bibliogrfai : lembar 156-158
TM00001160 | TM 1160 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain