Text
Karakter anak suku Baduy : studi etnografi pada anak usia 6-7 tahun di Kampung Baduy, Kec. Leuwidamar, Lebak, Banten, 2014
PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI SUKU BADUY
(Studi Etnografi pada anak usia 6 – 7 tahun di Kampung Baduy, Kec. Leuwidamar, Banten, 2014)
Subhekti Dwi Putri
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan filosofi dan nilai-nilai adat istiadat Suku Baduy, (2) mendeskripsikan ajaran-ajaran dalam Suku Baduy, (3) mendeskripsikan cara pengasuhan orangtua pada anak usia dini usia 6 – 7 tahun dalam hal menanamkan dan membiasakan ajaran-ajaran Suku Baduy, dan (4) mendeskripsikan alasan prinsip-prinsip yang dimiliki dan dipegang teguh oleh Suku Baduy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi etnografi. Analisis data yang digunakan yaitu model Spradley. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi dan pembuatan catatan lapangan.
Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Baduy merupakan masyarakat yang “mengasingkan diri” dari perkembangan modern yang disebut masyarakat Baduy, (2) Suku Baduy memiliki pikukuh atau ajaran yang mengikat kedalam seluruh masyarakat Baduy, (3) Pada penanaman dan pembiasaan ajaran pada anak usia 6-7 tahun yang menjadi bentuk pendidikan karakter sehingga membentuk karakter Suku Baduy diawali dengan hal yang baik yakni pernikahan, kemudian di dalam keluarga ditanamkan dengan contoh-contoh perilaku yang baik, nasehat-nasehat dari orangtua dan juga sesepuh-sesepuh apabila sedang dalam upacara adat dan hasilnya adalah membentuk karakter yang jujur, disiplin dan juga sederhana (4) pembiasaan karakter Suku Baduy berasal dari ajaran yang berlaku pada anak usia 6 – 7 tahun juga dilakukan di lingkungan di luar keluarga, seperti lingkungan bermain dan masyarakat sekitar.
Kata kunci: Ajaran, Pendidikan karakter, Penanaman, pembiasaan. Bibliografi : lembar 191-192
TM00001163 | TM 1163 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain