Text
Efektivitas gaya mengajar komando dan resiprokal terhadap hasil belajar passing sepakbola Kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta
RINGKASAN
MUHAMMADIQBAL. Efektifitas Gaya Mengajar Komando dan Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola Kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta.
Skripsi. Jakarta : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas negeri Jakarta Tahun 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara gaya mengajar komando dan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar passing (mengoper) dalam permainan sepak bola siswa kelas VIII SMP negeri 97 Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di lapangan olahraga SMP Negeri 97 jakartajl. Galur Sari Raya 5, Utan Kayu Selatan , Matraman< Jakarta Timur. Penelitian ini dimulai tanggal 20 April – 17 Mei, dan jadwal penelitian setiap hari selasa pukul 07.00 – 08.20. penelitian ini dilaksanakan 4 kali perlakuan dengan metode eksperimen dengan jumlah siswa 30 siswa. Siswa mengambil 1 kertas undian , yang mendapat angka ganjil kelompok A sedangkan genap kelompok B.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analis data uji „‟ T “ dimulai dengan menghitung t untuk dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisi data adalah sebagai berikut : hasil penelitian tes awal dan tes akhir gaya mengajar yang dikumpulkan mengenai hasil belajar passing (mengoper) menggunakan kaki bagian dalam dengan gaya mengajar komando adalah tes awal sebagai berikut : nilai rata-rata (mean) = 14,67 , standar deviasi (SD) = 0,32 dan standar deviasi mean (SDM) = 0,09 , tes akhir adalah sebagai berikut : nilai rata – rata (mean) = 18,13 , standar deviasi (SD) = 0,31 dan standar deviasi mean (SDM) = 0,08.
Hasil tes awal dan tes akhir belajar passing (mengoper) menggunakan kaki bagian dalam kedua kelompok tersebut diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,030, standar Deviasi Perbedaan mean (SDbm) sebesar 0,35 dan nilai t hitung 9,88. Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14= 28, t tabel = 2,14 dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 9,88 > 2,14.
Sedangkan tes awal dan tes akhir untuk passing (mengoper) menggunakan kaki bagian dalam dengan gaya resiprokal adalah sebagai berikut : tes awal dengan nilai rata-rata (Mean) = 12,6 , standar deviasi (SD) = 0,36 dan standar deviasi mean (SDM) = 0,096, tes akhir dengan nilai rata-rata(Mean) =16,8 ,standar deviasi (SD) = 0,21 dan standar deviasi mean (SDM) = 0,056.
Hasil tes awal dan akhir passing (mengoper) menggunakan kaki bagian dalam kelopmpok gaya resiprokal tersebut diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,50, standar Deviasi Perbedaan mean (SDbm) sebesar 0,55 dan nilai t hitung 7,64. Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14= 28, t tabel = 2,14 dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 7,64 > 2,14.
Dari hasil penelitian tes akhir yang dikumpulkan mengenai hasil hasil belajar passing menggunakan kaki bagian dalam dengan gaya mengajar komando adalah sebagai berikut : nilai rata-rata (Mean) = 18,13,standar deviasi (SD) = 0,31 dan standar deviasi mean = 0,08. Dari hasil passing menggunakan kaki bagian dalam gaya mengajar resiprokal nilai rata-rata (Mean) =16,8, standar deviasi (SD) = 0,21, dan standar deviasi mean = 0,06. Dari hasil tes akhir belajar passing menggunakan kaki bagian dalam kedua kelompok tersebut diperoleh standar deviasi perbedaan mean (SDbm) sebesar 0,1 dan t hitung sebesar 2,84 Selanjutnya di uji dengan t tabel dengan derajat kepercayaan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) + (n-1) = 14 + 14= 28, t tabel = 2,14 dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel atau 2,84 > 2,14.
Dengan demikian t hitung > t tabel yang berarti Ho di tolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa Gaya mengajar komando dapat meningkatkan hasil belajar passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam pada kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta, Gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam pada kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta, Gaya mengajar komando lebih efektif dari pada gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam pada kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta.
Bibliografi : lembar 54-55
SS00007796 | SK 7796 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain