Text
Perbedaan hasil belajar IPS siswa anggota palang merah remaja dengan siswa anggota pramuka di SMP Negeri 254 Jakarta Selatan
ABSTRAK
Syifa Fauziah (4915116866) “Perbedaan Hasil Belajar IPS Siswa Anggota Palang Merah Remaja dengan Siswa Anggota Pramuka” (Penelitian di SMP Negeri 254 Jagakarsa, Jakarta Selatan). Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa anggota Pramuka dengan siswa anggota Palang Merah Remaja. Penelitian ini menggunakan metode mix methods dengan desain penelitian sequential explanatory. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive yaitu siswa kelas 8 anggota ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dan anggota ekstrakurikuler Pramuka sebagai subjeknya. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar (50 item), serta lembar observasi dan lembar wawancara untuk mengetahui peran ekstrakurikuler dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Analisis data menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung sebesar 2,244 pada taraf signifikan 0,05 dan diperoleh ttabel sebesar 1,992, maka thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil belajar IPS siswa anggota Palang Merah Remaja dengan siswa anggota Pramuka, dengan nilai rata-rata (mean) kelompok anggota Palang Merah Remaja 72,29 dan nilai rata-rata (mean) kelompok anggota Pramuka 69,90 maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar IPS kelompok anggota Palang Merah Remaja lebih baik dibandingkan dengan kelompok anggota Pramuka hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan selama latihan dalam Palang Merah Remaja lebih terstruktur dan terkoordinasi sehingga siswa dapat mengambil nilai positif dari ekstrakurikuler yang dikutinya
Kata Kunci: Hasil belajar IPS, Palang Merah Remaja, Pramuka
Bibliografi : lembar 124-125
SS00007752 | SK 7752 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain