Text
Implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 (studi kasus guru IPS di SMP Labschool Jakarta)
ABSTRAK
Maria Oktavia, Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 (Studi Kasus Guru IPS di SMP Labschool Jakarta.) Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh mengenai implementasi penilaian autentik Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di SMP Labschool Jakarta di Jl. Pemuda Komplek UNJ, Rawamangun, Jakarta selama empat bulan dari bulan Januari sampai dengan bulan Mei 2015, metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen yang berasal dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci yaitu Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, sedangkan informan inti yaitu guru-guru IPS kelas tujuh dan delapan yang menerapkan kurikulum 2013.
Hasil penelitian ini adalah bahwa guru-guru IPS di SMP Labschool Jakarta dalam mengimplementasikan penilaian autentik kurikulum 2013 menghadapi permasalahan. Permasalahan yang dihadapi tersebut dari proses penilaian yang berdasarkan tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu juga dari jumlah siswa yang banyak, form penilaian, waktu pengambilan nilai, serta penilaian yang detail dan banyak diamati. Untuk mengimplementasikan penilaian autentik kurikulum 2013 yang perlu diperbaiki bukan dari sistem penilaian autentik kurikulum 2013 seperti yang diharapkan oleh guru-guru, melainkan perbaikan dari pemerintah dalam sosialisasi implementasi kurikulum 2013, serta meluruskan pola pikir dan paradigma guru dalam implementasi kurikulum 2013.
Kata Kunci : Kurikulum 2013, Penilaian Autentik Kurikulum 2013, Implementasi Penilaian Autentik
Bibliografi : lembar 152-153
SS00007753 | SK 7753 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain