Text
Pengaruh pemberian achievement stamp terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 25 Jakarta
ABSTRAK
DINI SAIDAH NASHRO, Pengaruh Pemberian Achievement Stamp Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 25 Jakarta, Skripsi, Jakarta: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Kata Kunci : Reward, Achievement Stamp, Motivasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Achievement Stamp terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 25 Jakarta Timur, tahun pelajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 25 Jakarta tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan atau penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Rancangan penelitian ini berupa rancangan penelitian eksperimental dengan metode kuasi eksperimen tipe Pre-test Post-test Control Group Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup untuk variabel motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima. Terbukti dengan diperolehnya hasil skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 139,71 lebih tinggi jika dibandingkan dengan skor rata-rata kelas kontrol, yaitu sebesar 130,95. Dari perhitungan Uji-t diperoleh thitung 5,5 > ttabel 1,67 dengan taraf signifikan λ = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian Achievement Stamp terhadap motivasi belajar IPS siswa di kelas eksperimen. Pemberian Achievement Stamp ini memberikan banyak manfaat bagi proses pembelajaran IPS di kelas. Siswa menjadi lebih antusias dan tidak lagi jenuh dengan mata pelajaran IPS. Siswa menjadi lebih percaya diri akan kemampuan yang mereka miliki. Pemberian reward berupa Achievement Stamp mampu menjadikan cermin diri yang menampakkan kepada anak gambaran realistis tentang apa yang diperbuat, mengenai prestasi.
Bibliografi : lembar 111-113
SS00007756 | SK 7756 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain