Text
Pola pendidikan anak dan sikap sosial dalam keluarga (Studi kasus anak usia 12-15 tahun di Rusun Cipinang Besar Utara)
ABSTRAK
Alfiani Rahmah, Pola Pendidikan Anak dan Sikap Sosial Dalam Keluarga (Studi Kasus Anak Usia 12-15 Tahun di Rumah Susun Cipinang Besar Utara) : Penelitian Kualitatif. Skripsi. Jakarta : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan anak dan sikap sosial anak usia 12-15 Tahun di Rumah Susun Cipinang Besar Utara, yang dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Mei 2015. Metode yang digunakan adalah pendekatan studi kualitatif, data diperoleh melalui pengamatan, observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan memilih informan yang mengetahui fokus penelitian. Sumber data diperoleh dari informan kunci yaitu orang tua, masyarakat, ketua RT, serta informan inti yaitu anak usia 12-15 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan pola pendidikan anak dalam keluarga di Rumah Susun Cipinang Besar Utara menggunakan pola pendidikan yang bersifat demokratis dan permisif. Hal tersebut disebabkan oleh faktor pendidikan, faktor ekonomi, dan faktor kepribadian. Rendahnya tingkat pendidikan orang tua kurangnya pengetahuan dalam mendidik anak sehingga membuat orang tua bersifat permisif. Orang tua yang menerapkan pola pendidikan demokratis akan membentuk sikap sosial anak yang lebih baik dan berkembang sedangkan orang tua yang menerapkan pola pendidikan permisif akan menghambat perkembangan sikap sosial.
Kata Kunci: Keluarga, Pola Pendidikan Anak, Rumah Susun Cipinang Besar Utara , Sikap Sosial
Bibliografi : lembar 103-104
SS00007757 | SK 7757 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain