Text
Pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS (Studi kuasi eksperimen pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 243 Jakarta)
ABSTRAK
THERESIA ELSA MIKHA, NIM 4915116901. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 243 Jakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 243 Jakarta, dan sampel penelitiannya siswa kelas VII (VII-3 dan VII-4) berjumlah 36 siswa dari masing-masing kelas. Teknik pengambilan sampel secara random sampling. Instrumen yang digunakan adalah non tes (lembar pengamatan) dan tes tertulis (pretest dan posttest) berjumlah 33 soal (pilihan ganda) dan 15 soal (uraian).
Hasil Penelitian, diperoleh nilai thitung adalah 3,38 dengan taraf signifikan α=0,05 dan ttabel sebesar 1,67 dengan demikian maka thitung > ttabel = 3,38 > 1,67 maka Hi diterima. Artinya terdapat pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Melalui model pembelajaran ini siswa akan mulai terlatih untuk mengembangkan kreatifitas, imajinasi, inovasi, ekspresi, terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci : Pengaruh, Penerapan Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis IPS
Bibliografi : lembar 96-97
SS00007759 | SK 7759 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain