Text
Pengaruh model pembelajaran dan percaya diri terhadap hasil passing bawah bolavoli : studi eksperimen pada Sekolah Dasar Negeri Cimalaka II)
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan antara model pembelajaran STAD dan Model Pembelajaran Bermain serta percaya diri terhadap hasil passing bawah bolavoli. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV (empat) SD Negeri Cimalaka II. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 44 siswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Nilai hasil passing bawah bolavoli pada perlakukan model pembelajaran STAD (A1) lebih tinggi dari nilai Model Pembelajaran Bermain (A2) di SD Negeri Cimalaka II (2). terdapat interaksi antara model pembelajaran (A) dan percaya diri (B) terhadap hasil passing bawah bolavoli di SD Negeri Cimalaka II. (3). Nilai hasil model pembelajaran STAD pada perlakuan Pembelajaran Model Pembelajaran Bermain Percaya Diri Tinggi (A1B1) lebih tinggi dari nilai model pembelajaran STAD Percaya diri tinggi (A2B1) di SD Negeri Cimalaka II. (4). Nilai hasil passing bawah bolavoli pada perlakuan model pembelajaran STAD percaya diri rendah (A1B2) lebih rendah dari nilai model pembelajaran Bermain Percaya diri rendah (A2B2) di SD Negeri Cimalaka II.
Catatan kunci : Model pembelajaran STAD dan Bermain, Percaya Diri Pada Passing Bawah bolavoli.
Bibliografi : lembar 91-93
TM00001209 | TM 1209 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain