Text
Penggunaan metode cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas VI SDN 13 Muara Siberut : penelitian tindakan di kelas VI SD Negeri 13 Muara Siberut Kabupaten Kepulauan Mentawai
PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE CO-OP CO-OP
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VI
SDN 13 MUARA SIBERUT
PENELITIAN TINDAKAN DI SDN 13 MUARA SIBERUT-MENTAWAI
(2015)
LUSI DIHARNELI
7526130447/lusidiharneli@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk memperoleh data empiris
tentang bagaimana cara meningkatkan hasil belajar IPS dengan
menggunakan metode cooperative learning tipe co-op. Penelitian dilakukan
kepada sebanyak 32 orang siswa di kelas VI SDN 13 Muara Siberut.
Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model
Kemmis dan Mctaggart yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan diakhiri dengan kegiatan refleksi. Instrumen yang digunakan
berupa lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian
memperlihatkan adanya peningkatan hasil belajar IPS setelah siswa
mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative learning
tipe co-op co-op. Skor rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan
tindakan adalah 62, skor tersebut meningkat menjadi 84 pada akhir siklus II.
Peningkatan hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh penerapan metode
cooperative learning tipe co-op co-op yang menuntut siswa untuk mampu
bekerja sama dengan baik, berani menggemukakan pendapat, bertanggung
jawab atas tugas individu dan kelompok, serta antusias dalam belajar. Hasil
penelitian ini mengimplikasikan perlunya guru-guru di Sekolah Dasar untuk
mempertimbangkan penggunaan metode cooperative learning tipe co-op coop
sebagai cara untuk meningkakan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar
khususnya dalam mata pelajaran IPS.
Kata Kunci: Cooperative Learning, Hasil Belajar IPS, dan Penelitian Tindakan
Kelas.
Bibliografi : lembar 159-161
TM00001183 | TM 1183 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain