Text
Peningkatan hasil belajar IPS melalui teknik Jigsaw di kelas IV SDN 001 Sesayap Kabupaten Tana Tidung
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI TEKNIK JIGSAW
DI KELAS IV SDN 001 SESAYAP KABUPATEN TANA TIDUNG
IBAU ELISA
SD Negeri 011 Sesayap
Jl. Tembalang. RT.01 Kecamatan Betayau
Kabupaten Tana Tidung 77152
e-mail:ibauelisa@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendapatkan data dan peningkatan hasil belajar IPS melalui teknik jigsaw di kelas IV SDN 001 Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Rancangan tindakan pada peneitian ini adalah menggunakan sistem spiral yang dimulai dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Penelitian ini dianggap berhasil apabila aktivitas guru dan siswa, meningkat di setiap siklusnya dan pada siklus terakhir telah mencapai 100%. Selain itu, hasil belajar pada akhir siklus terdapat sebanyak minimal 80% siswa, atau sekitar 24 orang dari jumlah keseluruhan siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang, telah tuntas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dan guru mulai dari siklus I pertemuan 1 siklus I pertemuan 2, siklus II pertemuan 1 dan siklus II pertemuan 2. Pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I siswa yang berhasil mencapai KKM (70) sebanyak 19 siswa (63,33%) dan pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa (93,33%). Berdasarkan analisis data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan pembelajaran melalui metode kooperatif dengan teknik Jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Penelitian selanjutnya masih diperlukan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar.
Kata kunci : hasil belajar IPS, teknik jigsaw, metode kooperatif
Bibliografi : lembar 147-148
TM00001184 | TM 1184 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain