Text
Peningkatan hasil belajar sains melalui metode Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI METODE
PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS IV
SDN 009 SESAYAP KABUPATEN TANA TIDUNG
JAMHARI
SDN 009 Sesayap Jalan Manunggal 26 Rt III
Tideng Pale Kec. Sesayap Kab. Tana Tidung
Sembakungcity2015@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar sains melalui metode problem based learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orang siswa SD kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan menurut Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajr sains siswa mencapai angka 91,42% pada siklus kedua.
Kata Kunci : Hasil belajr Sains, Problem Based learning (PBL), Penelitian Tindakan
Bibliografi : lembar 120-122
TM00001187 | TM 1187 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain