Text
Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik think talk write siswa kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur
ABSTRAK
MULYADI: Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Talk Write Siswa Kelas V SDN Cibubur 11 Pagi Jakarta Timur. Tesis, Jakarta: Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. (2015).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik think talk write.
Penelitian dilaksanakan di SDN Cibubur 11 Pagi pada tahun pelajaran 2014 - 2015.
Subjek penelitian dipilih 6 orang dari 28 orang yang ada pada kelas V A. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan kedua siklus di atas diperoleh rata-rata nilai pada 5 siklus I adalah 65,57 dan nilai rata-rata pada 5 siklus II meningkat menjadi 75,68, sehingga peningkatan rata-rata nilai tes sebesar 31,41%.Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran melalui teknik think talk write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran kooperatif teknik think talk write dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.
Kata kunci: peningkatan, komunikasi matematis, teknik think talk write.
Bibliografi : lembar 183-185
TM00001344 | TM 1344 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain