Text
Pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Karang Tengah 4 Tangerang
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANG TENGAH 4 TANGERANG
SISKA OKTAVERA
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari media video dan media gambar serta kemandirian belajar terhadap Hasil belajar IPA pada pokok bahasan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dan teknologi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV-A dan IV-B SD Negeri Karang Tengah 4 Tangerang. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 36 siswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0, 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar IPA pada pokok bahasan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dan teknologi antara kelompok siswa yang diajar menggunakan media video lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diajar menggunakan media gambar, (2) terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap Hasil belajar IPA pada pokok bahasan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dan teknologi, (3) Hasil belajar IPA pada pokok bahasan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dan teknologi antara siswa dengan kemandirian belajar tinggi yang diberikan perlakuan media video lebih tinggi dari pada siswa dengan kemandirian belajar tinggi yang diberikan perlakuan media gambar, (4) Hasil belajar IPA pada pokok bahasan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dan teknologi antara siswa dengan kemandirian belajar rendah yang diberikan perlakuan media video lebih rendah dari pada siswa dengan kemandirian belajar rendah yang diberikan perlakuan media gambar.
Catatan kunci : Media Video dan Media gambar, Kemandirian Belajar, Hasil belajar IPA pada pokok bahasan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dan teknologi.
THE EFFECTS OF LEARNING MEDIA AND SELF-REGULATED LEARNING TOWARD OF LEARNING OUTCOMES OF NATURAL SCIENCES FOR STUDENTS IN GRADE IV SD NEGERI KARANG TENGAH 4 TANGERANG
SISKA OKTAVERA
Abstract
This study aims to determine the effect of the video and picture media and self- regulated learning to the learning outcomes of natural sciences on the sub-content relationship between natural resources, environment, and technology. The study was conducted at the grade IV SD Negeri Karang Tengah 4 Tangerang. The amount of students as many as 36 students. Research design using experiment method with treatment by level 2 x 2. Data analysis is the analysis of variance of two lanes (ANAVA) and followed by Tuckey‟s test for significance level of α = 0, 05. The results of this study indicate that (1) learning outcomes of natural sciences on the sub-content relationship between natural resources, environment, and technology for video media (A1) is higher than picture media (A2); (2) There are interactions between learning media (A) and self-regulated learning (B) to the learning outcomes of natural sciences on the sub-content relationship between natural resources, environment, and technology; (3) learning outcomes of natural science on the sub-content relationship between natural resources, environment, and technology for students was given video media with high self-regulated learning (A1B1) is higher than learning outcomes of natural science on the sub-content relationship between natural resources, environment, and technology for students was given picture media with high self-regulated learning (A2B1); (4) learning outcomes of natural science on the sub-content relationship between natural resources, environment, and technology for students was given video media with low self-regulated learning (A1B2) is lower than learning outcomes of natural science on the subcontent natural resources, environment, and technology for students was given picture media with low self-regulated learning (A2B2)
Keywords: Video and Picture Media, Self-Regulated Learning, Learning outcomes of Natural Science on The Sub-content relationship between natural resources, environment, and technology
Bibliografi : lembar 152-147
TM00001341 | TM 1341 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain