Text
Pengaruh model pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar lompat jauh : studi eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bekasi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS
TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH
(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bekasi)
KADIR BULANG KENENG
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar lompat jauh.
Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang yang merupakan siswa kelas X SMA Negeri 1 Bekasi dengan menggunakan rancangan penelitian treatment by level 2 x 2. Data dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan (1) secara umum, terdapat perbedaan yang antara model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar lompat jauh (Fo 4,61 > 4,11 Ft), dan model pembelajaran kooperatif memberikan hasil belajar lompat jauh yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar lompat jauh (Fo 26,08 > 4,11 Ft), (3) pada siswa dengan kreativitas tinggi, model pembelajaran kooperatif memberikan hasil belajar lompat jauh yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung (Qo 10,75 > 4,33 Qt), dan (4) pada siswa dengan kreativitas rendah, model pembelajaran langsung memberikan hasil belajar lompat jauh yang lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif (Qo 4,39 > 4,33 Qt),
Kata kunci : hasil belajar lompat jauh, model pembelajaran, dan kreativitas.
Bibliografi : lembar 161-164
TM00001353 | TM 1353 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain