Text
Pengaruh metode cooperative learning dengan teknik pembelajaran take and give terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa MTS At-Taqwa 04, Bekasi Utara
ABSTRAK
MARATEEN SHOFWAH, Pengaruh Metode Cooperative Learning Dengan Teknik Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa MTS AT-Taqwa 04 Bekasi Utara. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Cooperative Learning Dengan Teknik Pembelajaran Take and Give berpengaruh terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTS AT-Taqwa 04 Bekasi Utara pada bulan April-Mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah Siswa MTS AT-Taqwa 04 Bekasi Utara. Sedangkan sampelnya adalah Siswa Kelas VII, yaitu kelas VII B dengan jumlah Siswa 27 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII C dengan jumlah Siswa 21 (sebagai kelas kontrol). Pengukuran hasil belajar siswa dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes Bahasa Arab dengan tes objektif yang berjumlah 28 soal. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh Lhitung= 0,146 dan pada kelas Kontrol diperoleh Lhitung= 0,128. Sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen diperoleh 0,173 (n = 27, taraf signifikansi 0,05) dan pada kelas kontrol diperoleh 0,190 (n = 21, taraf signifikansi 0,05) Karena kedua Lhitung
SS00007829 | SK 7829 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain