Text
Hubungan antara konsep diri dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) : penelitian korelasi pada siswa kelas V SDN Kedaung Kaliangke Jakarta Barat
IKA OKTAVIANI
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri siswa dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPA siswa di Sekolah Dasar Negeri Kedaung Kaliangke 03 Pagi Jakarta Barat Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kedaung Kaliangke 03 Pagi Jakarta Barat, dengan subyek penelitian siswa kelas v yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kuantitatif untuk mengetahui sejauh mana hubungan yang belum terjadi antara konsep diri siswa dan motivasi belajar siswa dengan nilai hasil belajar IPA siswa di kelas v. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara variabel konsep diri sebagai variabel X1 dan variabel motivasi belajar siswa sebagai variabel X2 dengan variabel hasil belajar IPA siswa SD sebagai variabel Y. Nilai R Square sebesar 0,126, berarti peran atau kontribusi variabel konsep diri siswa dan motivasi belajar siswa mampu menjelaskan variabel hasil belajar IPA siswa sebesar 12,6%. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa hasil belajar IPA siswa SD dapat mempengaruhi konsep diri siswa dan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Konsep diri siswa, Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPA
Siswa.
Bibliografi : lembar 143-146
TM00004626 | TM 4626 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain