Text
Pengaruh pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pemograman dasar kelas X TKJ SMKN 26 Jakarta
PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ SMKN 26 Jakarta
NIRMALA DEWI A
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar. Penelitian dilakukan di SMKN 26 Jakarta, dilaksanakan pada bulan April-Juli 2015. Mata pelajaran pemrograman dasar merupakan salah satu mata pelajaran menuntut siswa tidak hanya menguasai konsep pemrograman dasar, tetapi juga memiliki skill dalam penerapan algoritma itu sendiri. Dalam penerapannya untuk mendapatkan hasil belajar yang sesuai agar tercapainya indikator ketuntasan minimal. Project based learning merupakan model pembelajaran yang menerapkan siswa lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, memberikan perlakuan terhadap kedua kelas dengan berbeda perlakuan. Masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Untuk kelas eksperimen diterapkan di kelas X TKJ 2 dan untuk kelas kontrol diterapkan di kelas X TKJ 1, untuk mendapatkan data penelitian ini menguji siswa dengan tes akhir untuk mengukur kemampuan kognitif dengan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan siswa yang diterapkan project based learning mendapatkan nilai rata-rata 83,88, sedangkan siswa yang diterapkan model demonstrasi mendapatkan nilai rata-rata 81,69. Dengan demikian hipotesis ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar pemrograman dasar siswa yang signifikan antara yang diajarkan menggunakan project based learning dengan yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional dilihat dari nilai rata-rata yang lebih tinggi project based learning dibandingkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Project Based Learning, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar. Bibliografi : lembar 75-76
SS00007859 | Sk 7859 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain