Text
Hubungan pendapat siswa tentang kompetensi guru IPS dengan sikap sosial siswa di SMP Negeri Satap 8 Panggarangan Lebak Banten
ABSTRAK
Lalan Sesi. Hubungan Pendapat Siswa Tentang Kompetensi Guru IPS dengan Sikap Sosial Siswa di SMP Negeri Satap 8 Panggarangan. Skripsi, Jakarta: Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Oktober 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris hubungan pendapat siswa tentang kompetensi guru IPS dengan sikap sosial siswa di SMP Negeri Satap 8 Panggarangan. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri Satap 8 Panggarangan sebanyak 71 siswa . Sampel diperoleh melalui teknik proportional random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional untuk melihat hubungan kompetensi guru IPS dengan sikap sosial siswa.
Hasil analisis regresi menyatakan ada hubungan signifikan antara pendapat siswa tentang kompetensi guru IPS dengan sikap sosial siswa dengan koefisien korelasi 0,493. Faktor yang mempengaruhi sikap sosial siswa berupa pendapat siswa tentang kompetensi guru IPS sebesar 24,3 %, dan persamaan regresi yang diperoleh Y = 43,704 + 1,078 X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada hubungan yang signifikan antara pendapat siswa tentang kompetensi guru IPS dengan sikap sosial siswa di SMP Negeri Satap 8 Panggarangan.
Kata kunci : pendapat siswa tentang kompetensi guru IPS, sikap sosial siswa
Bibliografi : lembar 87-89
SS00007857 | Sk 7857 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain